download ubuntu terbaru



Sistem operas Linux Ubuntu merupakan sistem operasi Linux yang banyak dipakai oleh para penyuka sistem operasi terbuka. Hal ini karena sistem operasi ini didukung oleh tenaga ahli dan profesional. Selain itu,  sistem operasi yang berbasiskan Debian ini disponsori penuh oleh perusahaan Canonical. Dua hal tersebut tentunya membuat sistem operasi ini masuk sebagai jajaran distro Linux terpopuler dan juga terbaik.
Kini, sistem operasi linux yang menginjak usia 9 tahun pada oktober 2013 ini telah merilis sistem operasi Linux Ubuntu terbaru. Sistem operasi tersebut dinamakan Linux Ubuntu 13.10 Saucy Salamander. Sistem operasi ini diklaim akan menjanjikan performa yang meningkat baik dari segi antarmuka maupun kinerja. Selain itu, Canonical juga menjanjikan peningkatan  pada hampir semua bagian di sistem operasi ini.
Lalu apa saja yang ditawarkan oleh sistem  operasi ini? Sebelum membahas lebih lanjut, perlu diketahui terlebih dahulu tentang penamaan Sistem opearsi Linux Ubuntu. Sistem opeasi Linux Ubuntu  selalu merilis dua versi dalam satu tahun. Versi pertama Ubuntu biasanya keluar pada bulan April dengan kode 04. Kemudian versi kedua muncul bulan Oktober dengan kode 10.  Kode 13.10  pada 13.10 sendiri berarti 13 adalah dua angka yang diambil dari tahun (2013) dan 10 merupakan kode bulan terbit (Oktober bulan ke-10). Jika menelisik hal tersebut, bisa dikatakan Linux Ubuntu 13.10 merupakan penyempurnaan dari 13.04. Namun untuk mengetahuinya sebaiknya simak pembahasan singkat tentang Linux Ubuntu 13.10 ini.
Desain yang Tidak Terlalu Istimewa 
Dari segi desain dan tampilan, Linux Ubuntu 13.10 ini tidak membawa perubahan yang cukup krusial. Artinya dibandingkan seri sebelumnya, Linux Ubuntu 13.04, tampilan Linux Ubuntu 13.10 ini hampir sama persis. Apalagi tampilan visual desktop-nya. Tidak ada yang begitu istimea dari segi desain meskipun Linux Ubuntu 13.10 memiliki desktop baru,
Kemudahan Pengelolaan Sistem 
Hal menarik yang ditawarkan oleh Linux Ubuntu 13.10 justru terletak pada fitur keamanannya. Pasa sistem operasi Saucy Salamander ini, fitur kemananan kini terintegrasi dengan pengaturan privasi. Artinya keduanya berada dalam satu sistem. Penggabungan keduanya tentunya untuk memudahkan dalam pengaturan sistem keamanan. Apalagi berkat Unity 7 dan kernel Linux 3.11 yang digunakan pasa sistemnya membuat sistem operasi Linux ini tetap stabil dan terus meningkat dalam hal kinerja dibandingkan versi sebelumnya.
Fitur Smart Scope 
Smart Scope  merupakan salah satu andalah dari sistem operas Linux Ubuntu 13.10 ini. Fitur yang satu ini merupakan fitur pencarian yang sudah terintegrasi dan terpadu. Dengan fitur ini, pengguna tidak hanya mampu mencari data pada drive komputer tetapi juga bisa mencari dalam sistem jaringan internet. Cukup baik meskipun belum tentu pengguna bisa memaksimalkan fitur yang satu ini.  Hal ini karena pengguna lebih senang mencari sesuatu dengan menggunakan peramba. Sayang sekali menang jika tidak dimaksimalkan fitur yang satu ini. Padahal fitur ini sendiri sudah terkoneksi  dengan berbagai situs. Setidaknya ada lebih dari 50 situs yang sudah terintegrasi pada fitur Smart Scope ini.
Pembaharuan pada Ragam Aplikasi 
Dalam Linux Ubuntu 13.10 ini terdapat  beberapa aplikasi pembaharuan atau perbaikan. OpenStack versi Havana misalnya. Aplikasi yang digunakan bagi pengguna komputasi awan ini hadir dalam versi terbarunya. Selain itu, sistem layanan Juju pun mengalami perbaikan darn prmbaharuan. Tidak hanya itu, pembaharuan juga hadir pada aplikasi bawaaan. Untuk perambah terdapat Firefox versi terbaru, ada pula aplikasi kantoran semacam LibreOffice 4.1 dan Thunderbird 24 untuk kebutuhan email klien. Sedangkan untuk multimedia, Linux Ubuntu ini menyediakan 2.8.6 untuk edit foto dan juga Rhythmbox 2.99 sebagai pemutar musik bawaan.
Dukungan untuk Ubuntu Touch 
Sala satu langkah besar yang dinanti oleh pecinta Ubuntu dari Linux Ubuntu 13.10  adalah Ubuntu Touch. Ubuntu Touch merupakan sistem operasi mobile khusus Ubuntu yang juga dikeluarkan berbarengan dengan Linux Ubuntu 13.10. Bahkan dalam sistem Linux Ubuntu 13.10 ini, terdapat SDK dan sumber daya tersendiri sebagai pendukung untuk mengembangkan aplikasi pada Ubuntu Touch. Sayangnya  penggunaan Ubuntu Touch hanya terbatas pada smartphone Nexus 4. Itupun pengguna belum bisa menggunakan semua fitur sepenuhnya. Karena sampai saat ini pengguna diperbolhekan untuk melakukan kegiatan berupa telepon, sms, video call, dan koneksi WiFi. Keterbatasan ini juga sedikit ditambah dengan masalah berupa baterai yang tidak hemat serta perfotma yang lambat. Tentu dalam waktu dekat Canonical akan memberikan update-nya. Dan setelah itu tentu tinggal menunggu  Linux Ubuntu hadir di semua smartphone.
Demikianlah beberapa hal tentang kesan dan fitur yang terdapat pada sistem operasi Linux Ubuntu 13.10 ini. Secara keseluruhan Linux Ubuntu 13.10 memang hadir dengan beragam kelebihannya sendiri. Bisa dikatakan Linux Ubuntu ini sedikit lebih baik dibandingkan seri sebelumnya. Sayangnya belum ada perubahan yang cukup dramatis dari segi desain, Fitur Smart Scope sendiri tampak tidak terlalu maksimal kegunannya. Namun di atas itu semua Linux Ubuntu 13.10 merupakan sistem operasi Linux yang patut dicoba

download ubuntu terbaru di sini: http://adf.ly/dhGkW

0 comments: